Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

PEKANBARU – Jangan remehkan kegemaran Anda beraksi maupun berjoget di depan layar ponsel, karena Anda bisa menghasilkan uang dari TikTok walau berstatus pemula.

TikTok kini menjadi aplikasi yang populer dari berbagai kalangan dan tak mengenal usia.

Di awal kemunculannya TikTok sempat dicemooh, bahkan aplikasi ini sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika karena dianggap mengandung konten negatif dan meresahkan.

Namun nyatanya kepopuleran TikTok justru semakin meningkat.

Jumlah pengguna aplikasi besutan ByteDance asal China tersebut sudah bisa disandingkan dengan aplikasi media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Yang tak kalah menarik, TikTok juga bisa Anda manfaatkan untuk mendatangkan pundipundi uang. Ada beragam cara menghasilkan uang dari TikTok.



Dilansir dari Forbes, berikut beberapa langkah cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula:

1. Membangun branding

Membangun branding

 

 

 

 

 

Membangun branding atau merek ialah kunci agar Anda bisa dikenal dengan mudah. Branding di sini artinya adalah jatidiri Anda.

Di bidang pemasaran (marketing), merek yang berkesan adalah dasar dari bisnis apa pun yang bisa menghasilkan uang.

Sebagaimana akun Instagram dan Youtube yang bisa bisa menghasilkan uang bagi sebagian orang, buatlah akun TikTok yang memiliki target pasar yang jelas. Siapa Anda dan siapa pengguna TikTok yang akan disasar dan berpotensi menyukai konten yang dibuat.

Untuk TikTok, ini berarti Anda harus memiliki gambaran tentang jenis video yang akan Anda posting, dan konsisten mengunggahnya.

Tentukan sedari awal akankah video Anda menghibur atau bertemakan humor atau

travelling? Atau apakah Anda membuat konten bertemakan romantisme atau tentang perjalanan mencicipi kuliner makanan dan minuman di berbagai tempat?

Anda bisa memilih tema lainnya yang sesuai dengan kesukaan dan hobi.

 

2. Unggah konten yang disukai banyak orang

Unggah konten yang disukai banyak orang

 

 

 

 

 

Seperti semua platform media sosial, Anda hanya harus membuat konten sebagus mungkin. Konten yang menarik akan mudah menarik pengikut. Itulah cara dapat uang dari TikTok.

Konten-konten yang menarik pengguna TikTok bahkan bisa memberi pengaruh sosial sebagaimana istilah influencer di Instagram, Twitter.

Konten Anda harus segar, menarik, unik, dan diperbarui. Ini berarti banyak video baru, setiap hari.

 

3. Perbanyak follower

Perbanyak follower

 

 

 

 

 

Dapatkan pengikut atau follower sebanyak mungkin. Menarik sebanyak-banyaknya follower sangat tergantung dengan kualitas konten atau faktor lain seperti mendapatkan momen bertepatan dengan viralnya video yang diunggah.

 

Sebagai contoh, salah satu pengguna TikTok paling populer di dunia adalah Addison Rae Easterling. Dia bisa mengumpulkan harta hingga mencapai 5 miliar dollar AS hanya dari TikTok.

Dia memiliki lebih dari 54 juta pengikut di TikTok. Perkiraan berkisar dari 10.000 hingga sebanyak satu juta pengikut diperlukan sebelum Anda benar-benar dapat memonetisasi akun Anda.

Cara terbaik untuk mendapatkan pengikut adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat pasar target Anda, dan mengunggah konten berkualitas kepada mereka beberapa kali sehari.

 

Cara menghasilkan uang dari TikTok

Seiring meningkatnya kepopuleran akun TikTok Anda dan jumlah follower yang bertambah, uang bisa datang dengan mudah.

 

Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari TikTok setelah akun bisa dimonetisasi:

1. Menjadi influencer TikTok

Sebagaimana media sosial lain, influencer TikTok mendapatkan pekerjaan mempromosikan produk, merek, atau layanan suatu perusahaan dengan harapan bisa meningkatkan penjualan.

Banyaknya follower Anda akan turut menaikkan honor Anda setiap mempromosikan suatu produk di TikTok.




2. Membuat konten bersponsor

Seorang pengguna TikTok yang memiliki banyak follower, mereka bisa membuat program khusus atau video khusus yang disponsori pihak lain.

Sebagai contoh, Loren Grey, pengguna TikTok dengan jumlah pengikut mencapai 45 juta orang. Ia mendapatkan kesepakatan dengan Revlon untuk membuat konten perusahaan kosmetik tersebut dengan nilai 2,6 juta dollar AS.

 

3. Meluncurkan musik

Setelah dinilai cukup membangun akun dan mendapatkan banyak pengikut, Anda bisa memanfaatkan ketenaran dengan memulai karir sebagai artis atau musisi.

Tak sedikit karya musik yang laku keras di pasaran setelah dipopulerkan di TikTok. Musikmusik tersebut dapat menghasilkan pundi uang yang menjanjikan.

Selama TikTok naik daun, banyak artis wajah baru yang diorbitkan atau mulai dikenal berkat kepopulerannya di TikTok.

Sebut saja Baby Ariel yang memiliki 34 juta pengikut TikTok. Ketenarannya semakin meningkat dari sana, sampai menarik beberapa pihak di beberapa pertunjukan di Disney Channel dan acara TV Nickelodeon.

Indonesia sendiri pernah memunculkan Bowo Alpenliebe alias Prabowo Mondardo sebagai artis TikTok pertama di Indonesia.

 

4. Menjual barang

Setelah Anda menjadi bintang TikTok yang sangat populer, Anda dapat membuat lini produk rias Anda sendiri. seperti Item Beauty, oleh Easterling.

TikTok juga meluncurkan program TikTok for Business dan sederet program lain yang mendukung pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) agar go digital.

Lewat beragam paket iklan berbayar, pengguna bisa menunjukkan merek atau brand-nya dengan fitur spotlight unik di TikTok.

 

5. Menjadi konsultan TikTok

TikTok adalah platform sosial yang relatif baru. Jika Anda ahli dalam semua hal TikTok, banyak yang membutuhkan bimbingan Anda.

Orang akan rela merogoh kocek mereka untuk mempekerjakan Anda sebagai konsultan TikTok. Mulai membantu membuat strategi, membangun merek, dan meningkatkan pengikut mereka.

 

Itulah beragam cara menghasilkan uang dari TikTok yang bisa Anda lakukan selama

pandemi. Tertarik mencoba?

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang dari Google, Bisa Sambil Rebahan

Sumber: Forbes, Kompas.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *